Perbedaan Mesin Fotocopy digital dan analog

Apa perbedaan Mesin Fotocopy digital dan analog? Pasti muncul pertanyaan dibenak kita saat melihat mesin fotocopy.

Sejak munculnya mesin fotokopi pada tahun 1950-an, maka mesin ini menjadi sangat diperlukan di setiap kantor. Mesin fotocopy telah terus-menerus berevolusi untuk menjadi lebih cepat dan memasukkan lebih banyak fitur, agar membuat tugas-tugas kantor lebih mudah dan halus.

Ada dua jenis utama mesin fotokopi, yaitu analog dan digital, dan masing-masing dilengkapi dengan manfaat dan kerugian sendiri.

Biaya

Dari segi harga mesin maka mesin Analog lebih murah dibandingkan Digital, namun harga yang lebih tinggi dari mesin fotokopi digital akan dilemahkan dengan biaya operasi yang lebih rendah, karena tinta untuk mesin fotokopi digital lebih murah. Catridge tinta pada mesin fotokopi digital juga bertahan lebih lama bila dibandingkan dengan mesin fotokopi analog.

Efisiensi

Dari segi pengcopyan, Analog agak lebih lama karena setiap kali mengcopy lampu pemindai akan berjalan terus sebanyak hasil fotocopy yang Anda inginkan, sedangkan mesin fotokopi digital hanya akan memindai dokumen sekali dan menyimpannya dalam memori dan dapat mencetak salinan yang tak terhitung dari dokumen yang sama lebih cepat sesuai dengan kebutuhan.

Kualitas

Mesin fotokopi digital output kualitasnya lebih tinggi dari perangkat mesin analog, biasanya agak sulit untuk membedakan antara asli dan copy.

Fitur

Mesin fotokopi analog dirancang hanya satu jenis yaitu “just copy” yang artinya hanya menyalin. Oleh karena itu, mereka tidak memasukkan semua fitur. Sedangkan mesin fotokopi digital fitur memori untuk menyimpan scan dokumen, dan mereka dapat mengirim mereka scan langsung ke ponsel komputer, fax atau bahkan dapat ngeprint hitam putih dan atau warna tergantung type mesin yang digunakan.

Keuntungan dan Kerugian

Satunya keuntungan utama dari sebuah mesin fotokopi analog adalah kesederhanaannya. Namun, dengan menggunakan mesin fotokopi digital juga tidak masalah, sekali Anda mendapatkan mesin tersebut itu, maka produktivitas Anda akan meningkat. Mesin fotokopi analog memiliki banyak bagian yang bergerak, sehingga kemungkinan rusaknya lebih tinggi, membuat mesin ini kurang dapat diandalkan. Dengan tidak memiliki bagian yang bergerak begitu banyak, mesin fotokopi digital keduanya lebih handal dan diam. Integrasi yang mudah dengan komputer, mesin fax dan perangkat lain juga nilai plus besar untuk mesin fotokopi digital.

Pertimbangan

Karena keuntungan yang jelas dari mesin fotokopi digital, banyak produsen menghentikan produksi mesin fotokopi analog, sehingga dukungan dan penggantian suku cadang untuk perangkat ini cenderung menjadi sulit untuk ditemukan. Jadi harus dipertimbangkan ketika membeli mesin baru, karena Anda mungkin akan menemukan kendala sendiri pada saat mesin fotocopy Anda mngalami kerusakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *