Kerusakan pada mesin photocopy

Kerusakan pada mesin photocopy. Mesin photo copy merupakan sebuah alat teknologi yang umumnya dapat membantu pekerjaan manusia seperti para pekerja kantoran, untuk keperluan di sekolah maupun untuk para pebisnis yang meraup keuntungan dengan membuka per-photo copyan di rumah atau di sebuah ruko kecil.

Untuk itu, memiliki mesin photocopy itu sendiri tentunya harus dapat mempunyai ilmu untuk membenarkan mesin tersebut, jikalau mesin photocopy tersebut mengalami kerusakan.

Karna dengan dapat menguasai ilmu agar dapat membenarkan mesin photocopy sendiri ketika di landa kerusakan tentunya dapat menghemat uang bukan? Baiklah pada kasus ini kami akan menjabarkan untuk mengatasi kerusakan-kerusakan pada mesin photocopy :

  1. Papper jam/ Jam papper : Pada kerusakan papper jam tersebut, merupakan kerusakan yang pada umumnya sering terjadi pada mesin Photocopy. Papper jam yang artinya ” kertas nyangkut” yaitu berhentinya proses bekerja pada mesin photocopy karna salah satu kertas yang nyangkut di bagian  tertentu. bukan kah begitu menyebalkan? Bagaimana cara untuk mengatasinya?

– Rapihkan kertas sebelum di masukkan ke rak kertas , jangan sampai kertas terlipat ataupun sobek, dengan terlebih dahulu melihat kondisi kertas pada saat di masukkan ke dalam rak, kita dapat menghindari kertas nyangkut setelahnya.

– Hindari dari pemakaian kertas yang lembab, karna kertas yang lembab juga dapat mengakibatkan kertas nyangkut, oleh karna itu jaga kertas dalamsuhu udara normal pada dalam ruangan.

– Kemudian penggantian suku cadang mesin photocopy secara berkala  perihal lain yang dapat menyebabkan papper jam yaitu pada sparepart sponge roll dan pick up roll yang telah rusak. untuk itu agar dapat mengetahui kapan sebaiknya sparepart di ganti? Gantilah sparepart pick up roll photocopy bila di rasa permukaannya telah halus. Begitu juga dengan melakukan pergantian sparepart photo copy sponge roll secara berkala sesuai dengan aktivitas copy dan pemakaian sehari-hari , sponge roll yang harus di ganti jika sudah mulai berbentuk melengkung pada bagian silicon karetnya,dan permukaannya sudah mulai menghalus.

– Bersihkan sensor mesin photocopy yang kotor, terkadang papper jam juga di karenakan sensor kertas yang kotor,jadi tetap perhatikan kebersihan sensor kertas pada mesin photocopy agar kertas anda tidak menyangkut lagi pada mesin photocopy.

– Kemudian jangan asal menggunakan kertas photocopy kertas pada mesin photocopy tidak boleh sembarangan, jangan asal menggunakan kertas. Karna bila terjadi kesalahan kertas nyangkut atau bahkan robek saat proses pengcopyan. Gunakanlah kertas yang standard dan minimal 70 gr , dan di hindari pemakaian kertas potongan tanpa merek karna terlalu ringan.

Nah seperti itu lah bila terjadi kerusakan papper jam pada mesin photocopy, begitu mudah bukan?

2. Selanjutnya, Kerusakan pada touchscreen mesin photocopy

Buram dan tergores-gores : Kerusakan touchscreen seperti ini umumnya terjadi karna faktor manusia, kerusakan seperti ini karena pemakaian tidak wajar, karena kita terkadang menekan touchscreen tidak dengan jari,terkadang benda-benda kasar semisal ujung bolpen di gunakan untuk menekan tombol.

– Tombol tergores : Tombol bergeser termasuk kerusakan parah,karna bergeser disini di artikan seperti kita ingin menekan tombol OK namun tidak bekerja bila kita menekannya tepat di lokasi tanda tersebut, terkadang kita mesti menggeser penekanan ke atas atau kebawah sedikit,kerusakan seperti ini juga sering kami temui di lapangan,dan dampaknya sangat menjengkelkan. Untuk itu, untuk memperbaiki kerusakan tersebutnya, ialah dengan mengganti layar touchscreen tersebut, demi kenyamanan para pemakai mesin photocopy tersebut.

– Kerusakan pada layar LCD : Ciri dari kerusakan ini adalah lampu LCD menyala namun tidak menampilkan menu-menu hanya layar terang dan kosong, kerusakan seperti ini di sebabkan karena kabel fleksibel yang ada di LCD sudah rusak,kabel fleksibel ini berupa wire tipis dan di ujungnya tedapat elemen-elemen yang terlihat berwarna perak dan di lekatkan pada sebuah plastik biru, nah kemudian ujung dari kabel fleksibel inilah biang keladi dari kerusakan model ini.

Kemudian cara untuk mengganti fleksibel wire ini cukup anda serahkan kepada teknisi elektronik tentunya,kemudian mintalah kabel fleksibel yang sama lebarnya dengan yang ada di monitor dan itu bisa, dengan 2X pencucian saja mesin photo copy anda akan kembali seperti semula.

– Kerusakan pada drum : Ialah komponen berbentuk tabung di mana cahaya yang sangat terang yang di hasilkan oleh lampu expose yang menyinari dokumen yang sudah di letakkan di atas kaca dengan posisi terbalik kebawah pada kaca, kemudian gambar pada dokumen akan melalui lensa, dan kemudian lensa tersebut akan mengarakan menuju ke arah tabung drum.

Tabung drum adalah silinder terbuat dari almunium yang di lapisi dengan selenium yang sangat sensitif dengan cahaya. secara garis besar tabung drum ini sebagai tempat untuk menerima pantulan cahaya dari lampu expose.

Untuk itu, area yang terkena dengan sinar cahaya oleh laser ( Area putih pada lembaran kertas) akan di pantulkan ke tabung drum sehingga menjadikan ion negatif , sedangkan area yang tidak terkena cahaya (Area tulisan/Gambar) akan di pantulkan ke tabung drum dan tidak merubah muatan ion di tabung drum (positif). Toner yang bermuatan negatif akan di tarik oleh tabung drum, kemudian di tempelkan pada selmebar kertas di bawahnya.

Untuk cara kerjanya sendiri, persis seperti pada percetakan sablon , di mana sebelumnya di buat pola kemudian di tempelkan pada selembar kertas sehingga duplikat cetakan berbentuk di kertas.
larna tentu saja tugasnya cetak mencetak di atas kertas, maka bagus tidaknya hasil cetakan di tentukan oleh bagus tidaknya media pencetak atau (Tabung drum), jadi apabila media pencetaknya rusak maka akan berpengaruh pada hasil cetakannya.

– Kerusakan pada Fixxing Film : Salah satu part terpenting dalam mesin photo copy berikutnya adalah pemanas/ Fixxing system (Fixxing Film), pada sebuah mesin photocopy iR 3300, merupakan fixxing berupa thermistor dan fusser film, dan sangat berbeda dengan mesin iR 5000 yang menggunakan roller dan lampu heater.  Sedangkan pada fixxing film iR 3300 terdapat 2 jenis, yaitu antara lain 110 Volt,dan 210 Volt. Karena perbedaan tegangan ini maka satu sama lain tidak dapat di tukar-tukar.

Sementara itu, fixxing film mempunyai beberapa komponen pokok yang sering terjadi kerusakan atau gangguan, antara lain:

  • Fixxing film : Sebuah sparepart berbentuk gulungan sebagai media penghantar panas yang langsung bersinggungan dengan kertas.
  • Keramik Fixxing : Part yang berfungsi untuk menerima serta meratakan panas yang yang di hasilkan oleh main heater sehingga merata keseluruhan ixxing film.
  • Main heater : Part yang menghasilkan panas
  • Sub Heater  : Part yang menghasilkan panas

Semua komponen tersebut terangkai dalam sebuah fixxing unit, namun bagaimana bila part-part ini mengalami masalah dan bagaimana cara untuk mengatasinya, Demikian kami akan memberitahunya, Berikut alasannya.

  • Mengatasi kerusakan Fixxing Film : Film yang rusak pada umumnya akan memunculkan sebuah kode eror E007, Jadi anda dapat mengganti part ini  bila E007 muncul.
  • Keramik Fixxing : Kerusakan yang awam menimpa keramik adalah pecah dan akan mengeluarkan eror E000, Cara menggantinya adalah dengan menggunakan item tersebut,

1) Siapkan saja keramik fixxing sesuai dengan voltase mesin photocopy(Keramik 110 V dan Keramik 220 V)

2) Bersihkan area dudukan. kemudian amplas sedikit

3) Kemudian di lem menggunakan lem besi karena sifatnya jika terkena panas makan akan semakin mengeras,Namun di samping itu kelemahan lem besi adalah jika terlalu panas akan pecah, Maka dari itu untuk mengatasi adalah tambahkan seal untuk perekat prepak motor, Karena sifatnya yang semakin panas akan semakin kuat mengikat.

4) Tunggu beberapa jam sampai keramik benar- benar menempel pada dudukan, kemudian anda tes kembali.

– Main  Heater dan Sub Heater : Kendala yang sering di alami pada kedua bagian ini adalah sama. sama-sama terbakar, di tandai dengan fisik yang gosong, bila kedua item ini rusak di monitor juga akan muncul kode E000, selain itu tidak ada cara lain dengan menggantinya, Namun perlu di perhatikan pula bahwa main dan sub heater 110 V juga berbeda dengan 220 V. Dan juga perlu ke hati-hatian dalam membeli item ini.

Warning!!! Perlu untuk di catat saat membuka sub heater, ada spy kecil yang sangat rapuh ketika membukanya, karena sedikit tekanan akan membuat dudukannya patah,buatlah alat khusus guna untuk mengangkat spy tersebut.

Demikian penjelasan tentang kerusakan pada fixxing film 🙂

– Kerusakan pada upper dan lower dan cara mengatasinya : Ada 2 pres dalam mesin photocopy, Yaitu pres rol atas dan pres rol bawah, kedua pres ini bekerja sama untuk memanaskan tinta sehingga tinta yang tadinya yang berupa serbuk (Toner) menjadi lengket di atas kertas photocopy, Hot roll atau pres roll bagian atas di dalamnya terdapat elemen pemanas. Untuk canon iR 5000, pemanasnya berupa 2 buah tabung kaca berisi elemen pemanas seperti lampu pijar, Sedangkan pada iR 6570 berupa lempeng logam kuningan yang melengkung mengikuti sumbu pemanasnya.

Kerusakan pres roll terutama karena lapisan plastik yang menyelebungi pres roll telah cacat, di sababkan oleh gesekan kuku-kuku pres. Hasilnya adalah copian terdapat garis-garis hitam sesuai dengan banyak sedikitnya bagian pres roll yang cacat tadi.

Cara menggantinya adalah sebagai berikut :

1) Bukalah casing pada motor fixxing unit , lalu bukalah fixxing motor unitnya dengan melepas tiga baut , dan jangan lupa melepas 2 set kabel dari konektornya.

2) Lepaskan plat pelindung panas yang berwarna kuning, lalu buka dua baut pengunci pada unit pemanasnya.

3) Cabutlah semua kabel pada konektor yang menempel pada unit pemanas, sekarang angkat unit pemanas dari mesin dan di letakkan di lantai atau meja yang bersih.

4) Setelah unit pemanas di lepas, lalu anda buka ring di sebelah kiri dan kanan roll atas, bagian-bagian yang di lepas lainnya adalah gear penggerak , bushing , bearing , dan elemen pemanas.

5) Setelah semua terlepas, anda tinggal memasangkan pada pres roll baru,kembalikan bushing , bearing dan gear penggerak , lampu pemanas dan ring pada roll yang baru tersebut. pasang semua kabel- kabel pada konektornya dan selesai sudah 🙂

– Penyebab mesin photocopy mati total : Seperti kita ketahui jikalau mesin photocopy merupakan beragam sparepart tentunya,mulai dari yang biasa hingga yang rumit.

Mesin photocopy memang terdapat kabel-kabel elektro yang cukup banyak maka bukan hal yang tidak mungkin jika mesin photocopy terkadang mengalami gangguan, salah satunya adalah mesin photocopy tidak mau menyala sama sekali atau pun mati total, Nah untuk kejadian tersebut kami akan membantu untuk memberikan solusinya, berikut ulasannya!

Penyebab mesin photocopy mengalami gangguan mati total memang banyak kemungkinan,bisa karena rusaknya power supply, DC control, Switch On/Off dan sampai bisa karena konsleting pada bagian kabel body mesin, terkadang juga pada komponen elektronik yang lainnya seperti main motor,dan motor control untuk mengetahui masalah tersebut tentang mesin photocopy mati total adalah sebagai berikut

1) Pastikan power mesin sudah terpasang pada stop kontak listrik 220 V ACC, Switch on/off di posisi On dan pintu cover depan dalam keadaan tertutup, Untuk mesin 110 V pastikan travo sudah terpasang dengan benar dan keluaran tegangan 110 V AC sudah ada.

2) Periksalah tegangan input pada power supply menggunakan multi meter di skala voltase 2200 VAC atau 110 VAC( untuk mesin 110) maka dapat di pastikan kerusakan terdapat pada switch On/off.

3) Yang terakhir mungkin kabel-kabel elektronya telah di makan tikus,tentu kejadian ini sangat di sayangkan. Jika mesin photocopy anda masih belum menyala, ada baiknya anda memanggil teknisi yang profesional unuk itu kami dari pihak PT.BUANA CEMERLANG juga mempunyai teknisi-teknisi yang handal,karna tentu untuk mengatasi permasalahan ini butuh pengecekan secara menyeluruh, Semoga bermanfaat!

– Cara mengatasi tinta tidak mau turun: Ada penyebab tentang tinta yang tidak mau turun ke develop hingga menyebabkan banyak masalah sehingga sering terjadi:

-Hasil photocopy belang

-Muncul eror code terus menyangkut dengan tinta

-Hasil photocopy blank/kosong

-Status photocopy suspend terus ketika photocopy berjalan karena mesin photocopy meminta toner padahal toner full terisi tinta.

Kemudian, dalam mengatasi hal tersebut ada yang perlu banyak di perhatikan disini, sebelum memperbaiki ke komponen yang lebih rumit. Adakalnya memeriksa yang lebih muda terlebih dahulu contohnya kabel develop, karena biasanya tinta toner tidak mau turun karena kabel develop yang kotor,terlepas atau rusak. yang di maksud dengan kabel develop adalah kabel sensor develop kabel itu berada disebelah kanan pintu atas photocopy, Silahkan cek dahulu kabel tersebut dengan cara melepas develop dari tempatnya. Dan pastikan develop kosong tidak terisi tinta karena tinta tidak turun sepenuhnya.

Jika develop di rasa tidak ada masalah Cobalah membuka pintu tempat botol toner berada. Lalu lepas botol toner dari tempatnya. Setelah itu lihat apakah kepala botol mengalami kerusakan atau tidak. Dengan ciri-ciri kerusakan; bagian kepala botol toner mengalami patah dibeberapa bagiannya.

Jika botol toner pun di rasa tidak masalah, inilah masalah yang agak rumit dalam cara memperbaikinya. Masalah tinta tidak turun di sebabkan oleh moto tinta mati atau mungkin sensor toner sudah lemah untuk mengetahui benar atau tidaknya, maka cobalah buka pintu toner lalu tutup kembali Jika botol berputar itu berarti motor bagian penggerak toner untuk turun ke devlop itu baik-baik saja. Dan sensor toner bagian atas lah yang mengalami kerusakan. Jika botol toner tidak berputar sama-sekali, sedangkan mesin selalu meminta toner, dipastikan kerusakan ada pada motornya.

Bagaimana cara mengatasi sementara toner yang tidak mau turun sama sekali?

Ada dua cara mengatasi masalah tersebut. Diantaranya adalah:

– Pertama ; Langsung ke develop, Bisa lihat caranya melalui video cara isi ulang toner atau tinta fotocopy secara manual.

– Kedua ; Dengan cara mengisi manual 50% + Otomatis 50%. Maksudnya? Ini memakai cara instal toner dari mesin fotocopy. Caranya dari menu utama di layar fotocopy. Tekan *28*. Lalu tekan Functional. Lalu tekan Instal. Lalu tekan OK. Lakukan hal ini ketika dirasa hasil fotocopy mulai terlihat pudar.
Semua cara memperbaiki diatas sangat efektif untuk mengatasi toner yang tidak mau turun. Atau masalah hasil fotocopy pudar. Atau masalah hasil fotocopy jadi pudar.

– Cara menginstal toner mesin photocopy : Banyak yang menyepelekan hal-hal kecil semacam ini sehingga tidak sedikit yang mengalami eror pada mesin photocopy hingga umur mesin photocopy motor pada bagian pengaduk cepat rusak, tidak ada salahnya anda melakukan program instal toner mesin photocopy agar toner tercampur dan turun ke box developing sehingga meringankan kinerja pada hooper toner.

Tujuan menginstal toner adalah agar dapat di supply menuju box developer sehingga pada saat proses photocopy toner sudah rata dan menghindari belang pada hasil photocopy.

– Cara instal toner mesin photocopy :

  • Masuk ke dalam program service mode dengan cara menekan *28*
  • Tekan copier pada layar monitor
  • Tekan function pada layar monitor
  • Tekan instal pada layar monitor
  • Kemudian tekan TONER-S pada layar monitor
  • Tekan OK padalayar monitor untuk memulai instal toner
  • Untuk itu, tunggu sampai program instal toner berjalan tunggu hingga selesai kemudian tekan tombol riset kuning pada panel untuk kembali ke tampilan layar semula.

Sekian penjelasan tentang segala kerusakan yang terjadi pada mesin photocopy beserta cara mengatasinya, semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *