Hasil photocopy bercak toner pada canon ir 4570

Hasil photocopy bercak toner pada canon ir 4570.Mekanisme pembersihan drum unit dari sisa toner bekas proses cetak di lakukan oleh wiper blade,sisa toner kemudian di alirkan menuju waste tank melalui gerakan putar pada feedscrew,agar toner tidak mengendap yang bisa berakibat pada hasil fotocopy bercak toner. 

Kenapa toner yang seharusnya mengalir lancar ke waste tank bisa tumpah atau berserakan di atas kertas,seperti pada kasus yang di alami oleh salah satu pelaku usaha fotocopy , di mana dia sudah mengganti sparepart yang semestinya di ganti seperti roller charging maupun wiper blade, karena asumsi awal belum mengarah kepada penyebab hasil kotor ini. Setelah penggantian sparepart tersebut hasil fotocopy tetap saja masih banyk kotoran,Ketika dibuka pintu samping terlihat banyak kotoran Toner yang tumpah,Seperti tempat toner yang kelebihan muatan.

Sebenarnya seperti apa mekanisme aliran bekas toner yang lancar,pesan copy cuma sedikit memberikan uraian atau mekanisme aliran toner pada ir 4570.

Alur limbah toner pada mesin ir 4570.

Alur limbah toner
Alur limbah toner
  1. Limbah toner yang tergores oleh wiper blade akan di tampung di area bawahnya,untuk kemudian di umpan ke waste tank.
  2. Area di bawah wiper blade terdapat feedscrew yang berputar seiring putaran drum untuk membawa sisa toner menuju waste bank,ada atau tidak sisa toner di area ini,feedcrew akan tetap berputar,selain untuk mengangkut sisa toner ke waste,ia juga berfungsi menjaga agar toner tidak terdapat gumpalan toner bekas yang akan mengeras jika tidak di tarik ke depan.
  3. Untuk mencegah kebocoran sisa toner karena overload,pada waste tank,di legkapi dengan sensor,waste tank dapat menampung hampir 2 liter toner bekas,jika Quantity limbah toner sudah hampir penuh,maka box akan sedikit turun karena beban,gerakan waste toner yang turun ini akan menutup sensor dan memicu sensor menyala,sebagai tanda jika waste tank sudah penuh.

Pada kasus yang terjadi kali ini ternyata ada hambatan di alur toner bekas dari drum menuju waste tank.

Tumpahan toner di bawah drum
Tumpahan toner di bawah drum

Terlihat dari ceceran limbah toner yang begitu banyak keluar,dari gambar tersebut dapat kami simpulkan jika hambatan terjadi pada area feedscrew,untuk lebih jelasnya coba kita urai terlebih dahulu proses kerja yang ada di dalam feedscrew tersebut.

 

Proses kerja feedscrew

  1. Sisa toner yang terkikis oleh wiper blade dan jatuh di daerah feedscrew.
  2. Pada ujung dari feedscrew terdapat gear yang berputar karena gerakan putaran dari drum,karena ujung drum terdapat gear yang terkait dengan gear feedscrew.
  3. Selama drum berputar,jika tidak ada masalah pada gear feedscrew,maka sisa toner akan mudah mengalir ke box sisa toner.

Dari proses kerja yang di uraikan di atas tampak bahwa feedscrew akan terus berputar selama drum unit juga berputar,feedscrew menjaga agar tidak terjadi endapan toner di bawah drum, jika terjadi endapan di bawah drum,maka sisa toner akan mengeras dan menghambat kerja drum.

Cara mengatasi hasil fotocopy kotor toner ir 4570

Pada awal saat melihat hasil fotocopy kotor,yang terpikir adalah mengganti wiper blade,karena menurut asumsi bahwa mungkin wiper blade bocor atau sudah aus,sehingga tidak bebnar-benar bersih mengikis toner di permukaan drum,alhasil toner yang tidak terkikis menempel pada kertas yang melewati drum,ternyata hal ini salah.

Setelah mengganti wiperblade tidak berhasil maka kami ingatkan pada kasus serupa namun berbeda mesin tepatnya,yaitu pada mesin ir 3300,berdasar pengalaman tadi akhirnya mencoba membongkar area di bawah drum atau feedscrew,feedscrew adalah seperti sebuah bor di bawah drum,ternyata benar bor itu tidak bergerak atau tidak berputar normal dan akhirnya sisa toner memenuhi area tersebut.

Feedscrew dengan gearnya
Feedscrew dengan gearnya.

Setelah membongkar lebih dalam lagi kita dapat menemukan penyebab dari tidak bekerjanya bor ini,yaitu gear penggerak bor ada yang rontok dan juga ujung pengait bor,tetap di sambungkannya bor dengan gear sudah gompal,hasilnya bor tidak bisa berputar untuk menarik sisa toner menuju waste tank.

 

Demikian berikut ulasan yang kami jabarkan pada kasusu ini tentang hasil fotocopy yang penuh dengan kotoran toner, semoga bermanfaat! ^^

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *