Hasil fotocopy blank putih.

Hasil fotocopy blank putih. Sesuai dengan judul artikel ini tentang hasil fotocopy yang blank/atau putih polos.Pada mesin fotocopy ir 5000,semestinya saat mencopy maka hasilnya akan keluar sesuai dekngan aslinya,namun pasti banyak dari anda pelaku bisnis di bidang perfotocopyan yang akan bingung,bilamana yang keluar adalah hasil hanya kertas putih saja.Semestinya pada saat mengcopy maka hasilnya akan keluar sesuai dengan aslinya,namun kali ini anda bingung karna yang keluar hanyalah hasil putih dan tidak ada hasil sama sekali.Namun,tidak ada indikasi atau kode eror yang muncul di layar monitor.

Untuk mengatasi hal tersebut,perlu untuk memeriksa beberapa item terlebih dahulu .

Item dan part yang harus di periksa

1.Lampu exposure

Perhatikan apakah lampu exposure menyala selama proses pencopyan.Namun,apabila lampu ini mati kemungkinan ada indikator eror,jadi kemungkinan lampu ini sangat kecil namun dalam kasus anda boleh jadi lampu exposure ini menyala normal.Posisi lampu exposure berada di samping wiper blade,jadi letaknya agak ke dalam,untuk itu perlu membongkar wiper blade,untuk mengecek lampu exposure ini.

2.Primary charging

Lepaskan primary charging,posisi yang ada di atas drum,periksa apakah kotor? Jika kotor maka cobalah untuk mengelap dengan kain lap atau pun menggunakan alkohol,bilamana wire di primary ini rusak,atau putus biasanya akan di dahului oleh indikator eror yang berada di layar monitor,jadi anda bersihkan terlebih dahulu wire-wirenya dan anda pasang kembali.Primary charging yang tidak bisa bekerja juga bisa sebagai penyebab dari kesalahan ini,karena elektron yang ada diatas permukaan drum tidak mampu di ubah oleh primary charging.

3.Transfer sparator corona

Letaknya ada di laci satu,bersihkan dengan alkohol sampai bersih dan pasang kembali,wire yang kotor dan putus bisa juga sebagai penyebab dari masalah ini.

4. Putaran drum

Coba anda putar dengan obeng,apakah drum dapat berputar?dengan sempurna ataukah ngadet?Hal ini juga merupakan penyebab dari hasil fotocopy yang blank polos.

5. Magnet develop

Bershihkan magnet develope dan perhatikan apakah semua dalam kondisi yang hitam pekat atau sudah ada belang-belang putihnya,jika ada kemungkinan magnet yang ada roll tersebut sudah terkikis sehingga toner sudah tidak mampu menempel dengan baik di roll magnet.Sehingga saat proses copy tidak ada toner yang menempel di drum,so hasilnya akan blank putih.

Menurut pengalaman dari beberapa orang,untuk mengetahui apakah roller magnet ini berputar adalah dengan melakukan proses copy,hasilnya polos,namun ketika develop di tarik ke luar,ada wilayah putih pada permukaan magnet ,yang artinya toner pada area tersebut di tarik oleh drum,namun karena develope tidak berputar maka hanya area tersebut saja yang menandakan jika toner habis.

6. HVT (High Voltage Transformer)

Yang terakhir bilamana semua item yang di atas sudah di periksa,Maka coba cek HVT. HVT ini terkoneksi dengan primary charge,bila hasilnya polos bisa jadi short atau konslet pada item ini,ganti dengan yang lain.

 

Cara mengatasi hasil fotocopy blank putih.

Untuk hasil fotocopy blank polos juga pernah kami alami,pada beberapa customer memberitahukan jika masalah ini di karenakan toner habis.Setelah di isi toner,ternyata hasil juga masih saja blank putih polos .Setelah itu tim kami melakukan pengecekan sesuai dengan prosedur di atas sampai pada pengecekan HVT tetapi hasil saja masih blank putih polos.

Kemudian solusi yang kami dapatkan adalah:

  • Membuka unit 1
  • Bersihkan saparator corona

Ternyata masalah yang di timbulkan oleh hasil fotocopy blank adalah SOKET SAPARATOR yang terletak di ujungnya patah. Dan akhirnya mesin pun bisa di gunakan seperti keadaan normal sebelumnya ^^

Sekian penjabaran dari hasil fotocopy blank, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *