Cara Print Menggunakan Mesin Foto Copy Canon IR 5000/6000

Cara Print Menggunakan Mesin Foto Copy Canon IR 5000/6000.Mesin Foto Copy merk Canon Image Runner series 5000 keatas merupakan mesin foto copy digital yang sudah dilengkapi dengan fungsi scaner dan print sehingga kita dapat menjadikan mesin foto copy untuk menscan data ke komputer serta menjadikan alat print dokumen dari komputer selayaknya mesin printer. Dimana hal tersebut tidak dapat kita lakukan pada mesin foto copi analog. Pada kesempatan ini saya akan mencoba menerangkan secara ringkas, singkat, padat, jelas dan terarah kepada teman-teman  tentang bagaimana cara print menggunakan mesin foto copy Digital Canon Image Runner Series 5000/6000 atau yang sering disebut dengan mesin digital foto copy merk Canon IR 5000/6000 series

Pada mesin foto copy Canon type IR 5000/6000 series ini sudah dilengkapi dengan dua macam media yang dapat kita gunakan untuk menghubungkan mesin foto copi ke komputer/laptop yaitu port Local Area Network (LAN) dan Universal Serial Bus (USB) sehingga kita dapat melakukan koneksi mesin ke komputer dengan dua pilihan cara koneksi pula, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan ditempat teman – teman bekerja.

Langkah – langkah menjadikan mesin foto copy sebagai printer : 

Cara menghubungkan mesin fotocopi ke komputer/laptop dengan menggunakan port USB/kabel USB.

Sediakan bahan dan alat sebagai berikut: mesin foto copi, kabel USB (panjang kabelnya sesuai kebutuhan), Komputer. Caranya sama seperti menghubungkan printer ke komputer/laptop. Cukup sambungkan komputer/laptop dengan fotocopy menggunakan kabel usb, lalu download drivernya melalui link resmi Canon Support Site sesuai tipe mesin anda. Install driver seperti printer kebanyakan selesai.

Cara menghubungkan mesin foto copi ke komputer/laptop menggunankan kabel LAN.

Menghubungkan Mesin foto copi ke komputer/laptop dengan menggunakan kabel LAN dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu koneksi langsung dari mesin ke komputer/laptop dan koneksi mesin ke komputer melalui jaringan LAN:  :

  1. Koneksi antara mesin fotocopy ke komputer/laptop.

Sediakan bahan dan alat sebagai berikut:

– Mesin Fotocopy

– Komputer/laptop

– Kabel lan (panjagnya sesuai dengan kebutuhan)

– Crimping Tool / Tang krimping

– Conector/Konektor RJ 45

Buatlah setingan kabel lan dengan setingan kabel type/model Crossover seperti pada gambar diatas (ujung satu tidak sama dengan ujung 2). Selanjutnya masukkan ujung kesatu ke port LAN yang ada mesin foto copi dan ujung kedua masukkan pada port LAN pada komputer/laptop.

Cara Setting Koneksi Mesin foto copy dengan komputer:

  1. Setting IP Address pada mesin fotocopy dengan cara menekan “*”(tombol Additional Function )->system setting->network setting->TCP/IP-> masukkan IP address (misal: 192.168.1.10) dan sub net : 255.255.255.0.
  2. Setting IP address komputer dengan subnet yang sama dengan yang ada dimesin fotocopy ( ganti angka terakhir dengan angka yang lain, misal 192.168.0.9) dan sub net : 255.255.255.0.
  3. Masuk ke windows control panel->Printer And Faxes -> Add Printer -> Local Printer That Attached To This Computer – > Create New Port – Standard TCP/IP Port – Next – Next -> Masukkan IP mesin fotocopy yang telah kita setting sebelumnya -> beri nama pada Port Name -> Next – Next – Have Disk – masuk ke folder driver yang sudah di download dan di extract sebelumnya. pilih sesuai tipe mesin.

Selesai.

  1. Koneksi antara mesin foto copi ke komputer/laptop lewat jaringan LAN.

Sediakan bahan dan alat sebagai berikut:

– Mesin fotocopy

– Komputer/laptop

– Kabel lan (panjagnya sesuai dengan kebutuhan)

– Crimping Tool / Tang krimping

– Conector/Konektor RJ 45

 

Buatlah setingan kabel lan dengan setingan kabel type/model Straight seperti pada gambar diatas (ujung satu sama dengan ujung 2). Selanjutnya masukkan ujung satu ke port LAN yang ada mesin fotocopydan ujung kedua masukkan pada port LAN pada komputer/laptop.

Selanjutnya:

Cara Setting Koneksi Mesin foto copy dengan komputer:

  1. Setting IP Addresspada mesin fotocopy dengan cara menekan “*”(tombol Additional Function )->system setting->network setting->TCP/IP-> masukkan IP address (misal: 192.168.1.10) dan sub net : 255.255.255.0, sesuaikan dengan setingan ip ditempat teman-teman.
  2. Setting IP address komputer dengan subnet yang sama dengan yang ada dimesin fotocopy ( ganti angka terakhir dengan angka yang lain, misal 192.168.0.9) dan sub net : 255.255.255.0, sesuaikan dengan setingan ip ditempat teman-teman. Intinya mesin dan komputer harus berada dalam range IP dan subnet yang sama.
  • Masuk ke windows control panel->Printer And Faxes -> Add Printer -> Local Printer That Attached To This Computer – > Create New Port – Standard TCP/IP Port – Next – Next -> Masukkan IP mesin fotocopy yang telah kita setting sebelumnya -> beri nama pada Port Name -> Next – Next – Have Disk – masuk ke folder driver yang sudah di download dan di extract sebelumnya. pilih sesuai tipe mesin.

Demikianlah penjelasan tentang Cara Print Menggunakan Mesin Foto Copy Canon Image Runner (IR 5000/6000 Series) serta cara mengkoneksikannya, berdasarkan pengalaman saya pribadi apabila tahapan-tahapan sudah diikuti dengan benar maka mesin fotocopy tersebut sudah dapat digunakan untuk menscaning dan juga printing dokumen dengan baik.

 

Semoga bermanfaat.. terimakasih atas kunjungannya..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *