Cara Mengatasi Tinta Yang Tidak Mau Turun pada mesin Fotocopy

Ada banyak hal yang mengakibatkan tinta tidak mau turun ke devlop. Hingga menyebabkan banyak masalah. Diantaranya adalah;

– Hasil Fotocopy belang.

– Muncul error code yang menyangkut tinta.

– Hasil Fotocopy blank/kosong

– Status fotocopy jadi suspend terus ketika fotocopy berjalan karna mesin meminta botol toner meminta    diisi tinta/toner, padahal toner full terisi tinta.

– dan lain-lain sebagainya.

Dalam mengatasi masalah tersebut. Sebelum memperbaiki ke komponen yang lebih rumit. Ada baiknya memeriksa yang mudah-mudah dahulu. Contohnya kabel devlop. Biasanya tinta atau toner tidak mau turun disebabkan oleh kabel devlop yang kotor, lepas, atau rusak. Yang dimaksud dengan kabel devlop adalah kabel sensor pada devlop. Kabel itu berada di sebelah kanan pintu atas fotocopy. Silahkan cek dahulu kabel tersebut dengan cara melepas devlop dari tempatnya. Dan pastikan devlop kosong tidak terisi tinta karena tinta memang tidak turun sepenuhnya.

Jika devlop dirasa tidak ada masalah. Cobalah membuka pintu tempat botol toner berada. Lalu lepas botol toner dari tempatnya. Setelah itu lihat apakah kepala botol mengalami kerusakan atau tidak. Dengan ciri-ciri kerusakan bagian kepala botol toner mengalami patah dibeberapa bagiannya.

Jika botol toner pun dirasa tidak ada masalah. Inilah masalah yang agak rumit dalam cara memperbaikinya. Masalah tinta tidak turun berarti disebabkan oleh motor tinta mati atau mungkin sensor toner atas sudah lemah atau mungkin bisa jadi sudah mati. Untuk mengetahui penyebabnya itu benar atau tidak berasal dari motor atau sensor, maka cobalah buka pintu toner lalu tutup kembali. Jika botol berputar itu berarti motor bagian penggerak toner untuk turun ke devlop itu baik-baik saja. Dan sensor toner bagian atas lah yang mengalami kerusakan. Jika botol toner tidak berputar sama-sekali, sedangkan mesin selalu meminta toner, dipastikan kerusakan ada pada motornya.

Bagaimana cara mengatasi sementara toner yang tidak mau turun sama sekali?

Ada dua cara mengatasi masalah tersebut  :

– Pertama. Dengan cara mengisi manual toner atau tinta langsung ke devlop.

– Kedua. Dengan cara mengisi manual 50% + Otomatis 50%. Maksudnya? Ini memakai cara instal toner dari mesin fotocopy. Caranya dari menu utama di layar fotocopy. Tekan *28*. Lalu tekan Functional. Lalu tekan Instal. Lalu tekan OK. Lakukan hal ini ketika dirasa hasil fotocopy mulai terlihat pudar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *