Bagian – bagian mesin photocopy

Bagian – bagian mesin photocopy .Dalam kesempatan ini kami mau mengajak para pembaca untuk mengenal bagian-bagian dari mesin photocopy beserta fungsinya. dengan mengenal bagian dan fungsinya harapannya para pembaca yang memiliki mesin photocopy dapat dengan mudah mengidenfitikasikan masalah yang muncul pada mesin.

Berikut Bagian – bagian dari mesin photocopy :

  1. ADF (automatic Document Feeder)
    bagian atas mesin photocopy, yang biasa di pakai untuk menutup glass platen. bagian atas ini selain sebagai penutup fungsinya juga untuk memasukkan kertas yang akan dicopy. fitur bagian ini adalah dapat melakukan feeding (memasukkan kertas) secara otomatis sehingga memudahkan operator.
  2. PLATEN GLASS
    Platen glass adalah bagian yang terletak di bawah ADF, seperti namanya Platen Glass ini berupa kaca, yang fungsinya adalah memindai/scanning dokumen yang akan dicopy. Platen Glass akan memancarkan cahaya terang ultraviolet dari lampu scanner dibawahnya, maka dari itu bila para pembaca hendak melakukan copy sebaiknya tutup rapat-rapat ADF nya agar mata tidak terkena cahaya UV.
  3. Drum
    drum merupakan bagian penting yang terletak di tengah-tengah bagian dalam mesin photocopy. Bentuk benda ini adalah silinder, dengan dilapisi selenium yang akan menghasilkan daya tarik magnet bila di aliri arus listrik
  4. Corona Wire
    Corona wire terbagi 2 dan masing-masing di tempatkan di bagian yang berbeda dalam sebuah mesin fotocopy. Corona atas misalnya terletak di samping drum sedangkan corona bawah terletak di bawah dekat dengan regist roll. fungsinya hampir sama hanya ada sedikit perbedaan pada funsgis yaitu korona atas tugasnya menjaga keseimbangan Drum saat beroperasi sedangkan bagian bawah tugasnya menjaga  keseimbangan kertas saat sedang di cetak.
  5. Kaset Kertas
    Kaset kertas (cassette) atau baki kertas, bagian ini terletak di bawah mesin photocopy. bagian ini fungsinya untuk menampung kertas yang akan dicetak, kaset kertas sebenarnya sangat rapuh jadi hati-hati ya para pembaca bila ingin menambahkan kertas
  6. Developing
    Bagian yang satu ini fungsinya untuk menampung Toner yang akan di pakai untuk mencetak. Toner itu sendiri bentuknya adalah bubuk, bukan cair. letak bagian ini berada dekat di samping drum, diharapkan bagi para pembaca untuk berhati-hati ketika mengganti bagian ini agar tidak terjadi kontak langsung dengan drum, posisi nya tidak boleh miring .
  7. Cleaning Blade
    komponen yang satu ini letaknya ada pada unit drum. fungsinya sesuai dengan namanya sebagai pisau pembersih, dia membersihkan Drum dari sisa-sisa Toner yang masih menempel setelah proses percetakan. jika Cleaning Blade ini bermasalah maka hasil cetakan akan bergaris-garis hitam.
  8. Heater (Pemanas)
    seperti namanya, bagian ini berfungsi untuk memenaskan kertas yang telah selesai di cetak, tujuan nya adalah agar tinta bubuk yang sudah menempel di kertas menjadi kuat, tidak luntur maka dari itu di press sebelum kertas keluar dari mesin. hati-hati bila ingin mengganti bagian ini, karena terdapat upper roll dan lower roll yang panas.
  9. Duplex
    duplex adalah bagian yang berfungsi untuk membolak balikan kertas serta mengurutkan kertas.

 

Demikian informasi yang bisa di dapatkan dalam postingan ini, terimakasih telah membaca , semoga bermanfaat !!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *